Tentang Polibatam

Politeknik Negeri Batam (Polibatam) merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Vokasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Selain terletak di salah satu kawasan pusat pertumbuhan ekonomi nasional, Polibatam juga terletak di wilayah terdepan dan terluar wilayah Negara Kesatuan republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan internasional.

Sambutan Direktur Periode 2024-2029

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Jalan-jalan ke Pulau Galang,
Singgah sebentar membeli ikan,
Selamat datang di Polibatam,
Kampus unggul, penuh harapan.

Saya ucapkan selamat datang di Politeknik Negeri Batam, kampusnya CDIO-PBL di Indonesia. Sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, Polibatam tidak hanya menjadi tempat pembelajaran, tetapi juga menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional. Kehadiran Polibatam diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan pendidikan yang berkualitas global, sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) serta visi besar Indonesia Emas 2045 yang maju, sejahtera, dan berdaulat.

– Ir. Bambang Hendrawan, ST., MSM., CIPMP., CISCP.

Visi & Misi

Visi dari Polibatam adalah menjadi politeknik generasi baru yang bermutu, adaptif, inovatif, dan
bermitra erat dengan industri dan masyarakat untuk mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.

Misi dari Polibatam adalah Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi
melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat
dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik
untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

BUDAYA DOUBLE ACTION

Image

Adaptive (mudah beradaptasi) dan Agile (lincah). Kita harus senantiasa lincah dan cepat menyesuaikan diri dengan dinamika dan kondisi yang baru. Ini penting diperlukan karena dinamika Batam yang senantiasa dinamis oleh pengaruh internasional

Collaborative (mengutamakan kolaborasi) dan Customer Centric (berpusat kepada pelanggan).

Di Polibatam, setiap insan harus bisa saling berkolaborasi, bekerja sama dalam memberikan layanan yang berpusat kepada pelanggan, kepada para pemangku kepentingan kita.

Trustworthy (layak dipercaya) dan Team Based (berkerja dalam tim). Sejalan dengan nilai Collaborative, Polibatam adalah satu buah tim di mana peran setiap insan di dalam nya adalah penting dalam menjaga kepercayaan dari semua pemangku kepentingan. Selama ini kita telah mampu menunjukkan bahwa setiap insan di Polibatam dapat dipercaya, dan kita akan terus menjaganya di masa depan.

Innovative (mudah berinovasi) dan Integrity (berintegritas). Setiap insan di Polibatam harus mampu menunjukkan integritasnya dalam berinovasi. Insan yang berintegritas tetap melakukan tugasnya dengan baik walau tidak ada yang mengawasinya. Mudah-mudahan kita terus diberi kekuatan untuk melaksanakannya dalam aktivitas inovasi kita, dan kita tidak anti terhadap hal-hal baru yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berkemajuan.

Open (terbuka) dan Organic (organisasi yang sederhana). Kita ingin menjadi organisasi yang terbuka terhadap semua pemangku kepentingan, terbuka terhadap perubahan sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan pengetahuan lebih mudah. Selain itu, kita ingin terus menjadi organisasi yang sederhana, yang mengutamakan komunikasi informal tetapi prudent serta akuntabel, dan menjunjung fleksibilitas agar mudah merespon masa dinamika lingkungan.

Nurture (mengayomi) dan Nationalism (mengutamakan bangsa). Setiap insan di Polibatam harus menunjukkan sikap mengayomi, membimbing anggota baru organisasi dan terus memupuk silaturahmi dengan pemangku kepentingan. Ini adalah sebagi ikhtiar kecil untuk menjaga persatuan bangsa dapat terwujud dalam nuansa yang berkemajuan. Nilai-nilai di atas mudah diucapkan, namun perlu kerja keras, kerendahan hati, dan konsistensi untuk mewujudkannya.

Tujuan & Sasaran Strategi

  • Terwujudnya layanan, sumber daya dan output pembelajaran dan penelitian yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
  • Terwujudnya organisasi dengan yang transparan, akuntabel, produktif dan bermutu.
  • Meningkatnya mutu, akses, relevan dari layanan, sumber daya dan output pembelajaran vokasi.
  • Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi, hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi.
  • Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas, berorientasi kelestarian lingkungan, mutu layanan dan tata kelola organisasi.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Polibatam Sesuai Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2023

Struktur Organisasi Politeknik Negeri Batam Tahun 2024, Silahkan unduh

BRAND GUIDELINE POLIBATAM

Cakupan &
Capaian Kinerja

  • Vocational Education Center : 4 Academic Departments 19 Study Programs
  • Technopreneueship Development Center : 5 Center of Studies and 12 Applied Expertise Groups, Teaching Factory of Manufacture of Electronics, Teaching Industry of Multimedia & Animation, Teaching Production of Manufacture, Intellectual Property Center, ISE Investment Gallery, Tax Center
  • Competency Assessment Center : Certified Profession Body, Authorized LabView Academy, Authorized Cisco Networking Academy, Engineering Construction Industry Training Board, Authorized Language Proficiency based on TOEIC & TOEFL-ITP
  • Technopreneueship Development Center : Student Entrepreneurship Program, Business & Technology Incubator, Batam Technopark
  • Training Center : Aircraft Maintenance Training Organization, Management & Business Training CenterIS & IT Training Center, Electronics & Electrical Training Center, Design & Engineering Training Center

Kinerja Layanan Institusi Politeknik Negeri Batam Menerapkan Pengelolaan Proses Bisnis berbasis Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Seluruh Proses Bisnis beserta kelengkapannya mengacu kepada Peraturan dan Perundang-undangan RI yang relevan mulai dari UU sampai Keputusan Direktur dan praktik terbaik yang telah teruji. Menuju Good Governance (Transparan, Akuntabel, Responsible, Independen, Fair).