Magister Terapan (S2) Rekayasa / Teknik Komputer


PROFIL PROFESIONAL MANDIRI
Profil Profesional Mandiri merupakan cerminan pencapaian kualitas yang diharapkan program studi untuk dimiliki oleh lulusan setelah berkarir dalam profesinya selama 3 (tiga) – 5 (lima) tahun.
Profil Profesional Mandiri Prodi Magister Terapan Teknik Komputer adalah lulusan yang memilik kriteria sebagai berikut:
1. Mampu melakukan rekayasa sistem terbenam (embedded system) yang mengkombinasikan perangkat lunak (software) dengan perangkat keras (hardware), mulai dari menganalisa masalah hingga melakukan desain sistem dan mengimplementasikannya melalui projek yang mendukung penelitian pada bidang teknik elektro dan rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien.
2. Mampu berperan aktif serta berkontribusi positif dan inovatif baik secara mandiri maupun sebagai bagian dalam kerjasama kelompok.
3. Selalu menerapkan prinsip belajar sepanjang hayat demi menjaga keunggulan dan semangat inovasi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN
Aspek Sikap
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan
1. Menguasai teori pemrograman menggunakan bahasa pemrograman yang tergolong embedded programming language.
2. Menguasai teori arsitektur sistem dan metodologi perancangan sistem.
3. Menguasai teori sistem operasi berbasis real-time dan digital logic.
4. Menguasai teori kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning serta integrasinya dalam embedded systems.
5. Menguasai teori berbagai jenis sensor dan aktuator.
6. Menguasai teori keamanan sistem serta best practices pada keamanaan sistem.
7. Menguasai teori metodologi dan teknik pengujian untuk menjamin reliability dan robustness dari embedded system.
8. Menguasai teori pengelolaan proyek, termasuk perencanaan proyek, pengelolaan waktu, dan pengelolaan tim.

Aspek Keterampilan Umum
1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan.
2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
3. Mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin.
5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data.
6. Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan.
7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Aspek Keterampilan Khusus
1. Mengaplikasikan ilmu bidang teknik komputer dengan pendekatan inter atau multidisipliner untuk menyelesaikan masalah masyarakat atau industri yang relevan dan kompleks.
2. Mampu mengidentifikasi, merencanakan, merancang, mengembangkan, mengevaluasi dan menerapkan solusi sistem terbenam (embedded system) terhadap suatu permasalahan.
3. Mampu memilih dan menerapkan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras yang paling sesuai (best practice) guna mendukung penyelesaian permasalahan bidang sistem terbenam (embedded system).
4. Mengevaluasi secara kritis dan profesional dalam melakukan perencanaan atau pelaksanaan proyek pengembangan sistem.
5. Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan lembaga dan komunitas dunia usaha dan dunia industri yang lebih luas.
6. Mampu berkarya dengan perilaku etika sesuai bidang keprofesian bidang teknik komputer.

PROFIL LULUSAN
1. System Integration Specialist.
2. Cyber Security Specialist.
3. Data Scientist.
4. Peneliti.
5. Pengajar.

MASA TEMPUH KURIKULUM
Pada Program Magister Terapan Teknik Komputer, beban belajar sebanyak 54 (lima puluh empat) satuan kredit semester yang dirancang dengan Masa Tempuh Kurikulum minimal 4 (empat semester).


Download Kurikulum