Bachelor of Applied Software Engineering


PROFIL PROFESIONAL MANDIRI

1. Perekayasa Perangkat Lunak: Orang yang mampu mengembangkan (Programmer), menguji dan memvalidasi (Quality Assurance) perangkat lunak.
2. Analis Sistem : Orang yang mampu menganalisis dan merancang perangkat lunak sesuai kebutuhan.
3. Administrator Basis Data : Orang yang mampu mendesain, mengimpmenetasikan, dan mengelola basis data.
4. Software Quality Assurance : Orang yang memastikan bahwa produk yang dikembangkan sesuai dengan standar dan melakukan pendekatan sistematis untuk mengevaluasi kualitas suatu produk.

KOMPETENSI UTAMA

Program Studi D4 Rekayasa Perangkat Lunak berfokus menyiapkan lulusan sarjana terapan pada bidang pengembangan perangkat lunak yang memiliki kemampuan analisis, desain, perancangan, validasi, pengembangan (Pemograman), penjamin kualitas dan keamanan perangkat lunak (Software) untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien serta mampu mandiri menjadi seorang Technopreneur yang dapat bermanfaat bagi Batam serta Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Aspek Sikap

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan

1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilka prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya;
7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Aspek Keterampilan Umum

1. Mampu menerapkan dasar matematika teknik, diskrit dan numerik dalam mengenmbangkan aplikasi preangkat lunak untuk menghasilkan karya yang aplikatif di bidang teknologi informasi dan komputas;
2. Mampu merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak sesuai dengan permasalahan di dunia nyata;
3. Mampu merencanakan dan mengelola kemampuan dan fungsionalitas dari seluruh komponen TI;
4. Mampu melakukan pengujian terhadap perangkat lunak secara terstruktur berdasarkan metodologi yang benar serta melakukan analisa kualitas perangkat lunak berdasarkan standar pengujian yang tepat pada perangkat lunak;
5. Mampu melakukan instalasi dan pengecekan sistem operasi sesuai dengan prosedur organisasi;
6. Mampu melakukan analisa, perancangan dan pemodelan sebuah website;
7. Mampu mendokumentasikan proses pengembangan rekayasa perangkat lunak sesuai dengan standar.

Aspek Keterampilan Khusus

1. Menguasai konsep teoritis pada matematika yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak;

2. Menguasai konsep teoritis pada desain algoritma yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak;
3. Mempunya kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak sesuai kebutuhan;
4. Mengusai pengetahuan mengenai basis data dan standar yang berlaku dalam menyelesaikan masalah dalam membangun aplikasi perangkat lunak;
5. Mempunyai kemampuan dalam mengelola dan menganalisa perangkat lunak dalam TI;
6. Memiliki pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja sistem;
7. Menguasai pengetahuan mengenai perkembangan teknologi informasi yang terbaru dan terkini;
8. Mempunyai pengetahuan dalam mengembangkan produk untuk dapat dipasarkan.

PROSPEK KERJA

a. Programmer Web apps
b. Programmer Mobile apps
c. Programmer IoT
d. Requirement Analyst
e. Data Scientist
f. Technoprenuer


Download Kurikulum