Sekilas Profil
PPID Kampus Politeknik Negeri Batam (Polibatam) awal berdiri pada tahun 2018, Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 244/P/2015 Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dalam rangka Monev PPID oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) maka dibentuk PPID di kampus Politeknik Negeri Batam.  Dan pada tanggal 5 November 2018 Polibatam mendapatkan prestasi sebagai Badan Publik Cukup Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dalam Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Berdasarkan Penilaian Mandiri Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Polibatam memperoleh kualifikasi Menuju Informatif.

VISI
Terwujudnya pelayanan informasi yang transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

MISI

  • Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas.
  • Membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi.
  • Meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia.

Struktur Organisasi

Tugas dan Wewenang PPID

  1. Mengumpulkan, menyediakan, menyimpan, mendokumentasikan, dan mengamankan informasi;
  2. Memberikan layanan informasi publik yang cepat, tepat, dan sederhana yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. Menetapkan prosedur operasional penyebarluasan Informasi Publik;
  4. Menetapkan klasifikasi dan daftar Informasi Publik dan/atau mengubahnya
  5. Mengusulkan daftar informasi dan dokumentasi yang dikecualikan untuk melakukan pengujian konsekuensi oleh PPID Kementerian
  6. Mereviu konten informasi yang dipublikasikan melalui berbagai media yang digunakan
  7. Memonitor layanan informasi informasi publik yang terdapat di berbagai media
  8. Menetapkan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil dalam memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik; dan
  9. Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pelayanan informasi publik kepada PPID Kementerian secara berkala paling sedikit satu kali dalam setahun.

Sertifikat Penghargaan Kategori Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri Cukup Informatif Anugerah Informasi Publik 2018 dari Komisi Informasi Pusat (KIP)

 

Dasar Hukum

  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
    Unduh Disini
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
    Unduh Disini
  • Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
    Unduh Disini
  • Peraturan Komisi Informasi No. 1 Tahun 2010 Tentang Standar Layanan Informasi Publik
    Unduh Disini
  • Permenristekdikti 75 Tahun 2016 Tentang Layanan Informasi Publik Di Lingkungan Kemenristekdikti
    Unduh Disini
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2020 Tentang Layanan Informasi Publik Di Kementerian Pendidikan
    Unduh Disini
  •  Tim Pengelola Layanan Informasi Publik di Lingkungan Politeknik Negeri Batam Tahun 2023
    Unduh Disini
  • Tim Pengelola Layanan Informasi Publik di Lingkungan Politeknik Negeri Batam Tahun 2024
    Unduh Disini

Penetapan Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi yang Dikecualikan di Politeknik-Negeri-Batam
Unduh Disini

Legalitas Institusi

  • Akta Pendirian Yayasan Pendidikan Batam 30 Mei 2000
    Unduh Disini
  • Pernyataan Keputusan Rapat Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Batam
    Unduh Disini
  • SK Pendirian Politeknik Batam di Batam & Pemberian Status Terdaftar Kepada 3 (TIGA) Prodi untuk Alih Jenjang Pendidikan, dll
    Unduh Disini
  • SK Mendikbud RI Tentang Pengangkatan Direktur Politeknik Negeri Batam Periode 2020-2024
    Unduh Disini
  • SK Menristekdikti RI tentang Pejabat Perbendaharaan pada Politeknik Negeri Batam untuk Anggaran tahun 2018
    Unduh Disini
  • Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2022 Tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi Dan Pelatihan Vokasi
    Unduh Disini
  • Keputusan Direktur Politeknik Negeri Batam tentang Struktur Organisasi Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 517/KMK.05/2022 Tentang Penetapan Politeknik Negeri Batam pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan layanan Umum
    Unduh Disini

Peraturan dan Keputusan Direktur

  • Peraturan Direktur Politeknik Negeri Batam Nomor 012 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Nomor 009 Tahun 2021 Tentang Rencana Strategis Jurusan Manajemen & Bisnis Politeknik Negeri Batam Periode 2020-2024
    Unduh Disini
  • Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara
    Unduh Disini
  • Penetapan Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi yang Dikecualikan di Politeknik-Negeri-Batam
    Unduh Disini
  • Peraturan Direktur Politeknik Negeri Batam Nomor 002 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Biaya Pendidikan yang Ditanggung Mahasiswa Di Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Peraturan Direktur Tentang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Peraturan Direktur Politeknik Negeri Batam Nomor 006 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi Di Lingkungan Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Peraturan Direktur Nomor 010 Tahun 2021 tentang Pedoman Pembalajaran Mahasiswa Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Pedoman Pembelajaran Mahasiswa Politeknik Negeri Batam TA 2022/2023
    Unduh Disini
  • Kalender Akademik Politeknik Negeri Batam Periode TA 2023/2024
    Unduh Disini
  • SK Tentang Standar Mutu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Peraturan Direktur Tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Pengangkatan Pengurus /Penyimpan Barang Milik Negara Tingkat Kuasa Pengguna Barang Politeknik Negeri Batam Tahun Anggaran 2021
    Unduh Disini 
  • SK Kuasa Pengguna Anggaran Politeknik Negeri Batam Nomor 001/K/PL.29/I/2021 Tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Keuangan Politeknik Negeri Batam Tahun Anggaran 2021
    Unduh Disini 
  • Pedoman Kepegawaian UU No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN
    Unduh Disini
  • SK Tentang Penetapan Tim Pelaksana Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Polibatam Tahun 2023
    Unduh Disini
  • Tim Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBKWBBM) di Lingkungan Politeknik Negeri Batam Tahun 2023
    Unduh Disini
  • SK Pembentukan Tim Tanggap Darurat Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini

Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)

  • Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Direktur Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Wakil Direktur I Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Wakil Direktur II Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Wakil Direktur III Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini

Laporan Data Statistik Komposisi Pegawai

Laporan Data Statistik Komposisi Pegawai Politeknik Negeri Batam Per 10 Oktober 2024
Unduh Disini

Laporan Keuangan

Sistem Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah (SAKIP)

  • Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Polibatam dengan Dirjen Vokasi Kemdikbud
    Unduh Disini
  • Perjanjian Kinerja Eselon 1 dan Eselon 2 Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Polibatam dengan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu
    Unduh Disini
  • Rencana Strategis Politeknik Negeri Batam Tahun 2020-2024 Revisi Ke-6
    Unduh Disini
  • Perjanjian Kinerja Direktur Politeknik Negeri Batam Tahun 2021 dengan Unit Eselon 1 Kemdikbudristek
    Unduh Disini
  • Laporan Kinerja Politeknik Negeri Batam Tahun 2022
    Unduh Disini
  • Perjanjian Kinerja Tahun 2022 Direktur Polibatam Dengan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi
    Unduh Disini
  • Sertifikat ISO 9001-2015 tahun 2018 Polibatam
    Unduh Disini
  • DIPA BLU Polibatam Tahun Anggaran 2023
    Unduh Disini

Laporan Kinerja

Laporan Barang Milik Negara Polibatam Tahun 2023
Unduh Disini

Laporan Barang Milik Negara Polibatam, Tahun Anggaran 2020
Unduh Disini

Laporan Hasil Monitoring & Evaluasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Dumas) Semester Ganjil Tahun 2023
Unduh Disini

Rencana Strategis

  • Rencana Strategis Politeknik Negeri Batam Tahun 2020-2024
    Unduh Disini
  • Rencana Kinerja Tahun 2021 Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini
  • Rencana Aksi Tahun 2021 Politeknik Negeri Batam
    Unduh Disini

Laporan Keterbukaan Informasi Publik

Laporan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023
Unduh Disini

 

Informasi Publik yang Wajib Tersedia Setiap Saat di Kampus Politeknik Negeri Batam

NoNama Informasi Setiap SaatLink
1Daftar Informasi Publik 
 a. Daftar Informasi PublikLihat
 b. Daftar Informasi Publik yang DikecualikanLihat
2Informasi Peraturan, Keputusan dan/atau KebijakanLihat
3Informasi Organisasi, Administrasi, Kepegawaian dan Keuangan di Polibatam 
 a. Profil Pimpinan dan PegawaiLihat
 b. Pedoman Pengelolaan OrganisasiLihat
 c. Pedoman Pengelolaan AdministrasiLihat
 d. Pedoman Kepegawaian/Personil Lihat
 e. Pedoman Pengelolaan KeuanganLihat
f. Sampel Surat Menyurat Pimpinan dalam Rangka Pelaksanaan Tugas, Fungsi, dan WewenangnyaLihat
g. Pendukung Perijinan InstitusiLihat
h. Agenda Kerja Direktur Polibatam Lihat
4Data Statistik Polibatam tentang : 
 a. KepegawaianLihat
 b. KeuanganLihat
5Laporan Layanan Informasi Publik Tahun 2023Lihat
6Risalah Rapat Dari Proses Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Dan/Atau Kebijakan yang Dibentuk Termasuk Naskah Akademik UsulanLihat
7Dokumentasi Kegiatan Koordinasi PPIDLihat
8Informasi Data Perbendaharaan atau Inventaris Barang Milik Negara Tahun 2020Lihat
9Rencana Strategis dan Rencana Kerja Polibatam 
 a. Rencana Strategis Polibatam Tahun 2022 – 2024Lihat
 b. Perjanjian Kinerja Tahun 2024Lihat
 c. Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Polibatam dengan Dirjen Perbendaharaan KemenkeuLihat
10Informasi Kegiatan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Polibatam 
 a. Fasilitas/kelengkapan layanan informasi publikLihat
 b. Formulir Permohonan Informasi PublikDownload
 c. Formulir Permohonan KeberatanDownload
 d. Daftar Register PermohonanLihat
 e. Jadwal Pelayanan Informasi PublikLihat
 f. Struktur Organisasi PPID PolibatamLihat
11Dokumen Pendukung dalam Peraturan/Kebijakan/KeputusanLihat
12Jumlah, Jenis, dan Gambaran Umum Pelanggaran yang Ditemukan Dalam Pengawasan Internal serta
Laporan Penindakannya
Lihat
13Jumlah, Jenis, dan Gambaran Umum Pelanggaran yang Dilaporkan oleh Masyarakat serta Laporan PenindakannyaLihat
14Daftar serta Hasil-hasil Penelitian dan HAKI yang DilakukanLihat
15Informasi dan Kebijakan yang Disampaikan Pejabat Publik dalam Pertemuan yang Terbuka untuk UmumLihat
16Informasi Publik lain yang telah Dinyatakan Terbuka bagi Masyarakat Berdasarkan Mekanisme Keberatan dan/atau Penyelesaian Sengketa InformasiLihat
17Pedoman Umum Pengelolaan Layanan Informasi PublikLihat
18Transparansi Program/Kegiatan/Keuangan yang dapat Diakses PublikLihat
19Data statistik yang dibuat dan dikelola oleh Satuan/Unit KerjaLihat
20Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding dan/atau Perjanjian Kerja Sama antara Satuan/Unit Kerja dengan Pihak LainLihat
21Dokumen Pendukung PerijinanLihat
22Data Perbendaharaan di Satuan/Unit KerjaLihat
23Data inventarisasi Barang Milik Negara di Satuan/Unit KerjaLihat
24Jumlah, Jenis, dan Gambaran Umum Pelanggaran yang Ditemukan dalam Pengawasan Internal dan Atau oleh Masyarakat Serta Laporan Penindakannya di Satuan/Unit KerjaLihat
25Daftar serta Hasil-Hasil Penelitian atau Kajian yang dilakukan oleh Satuan/Unit Kerja Lihat
26Informasi dan Kebijakan Satuan/Unit Kerja yang disampaikan Pejabat Satuan/Unit Kerja dalam Pertemuan yang Terbuka untuk UmumLihat
27Menetapkan POS Uji Konsekuensi Informasi yang DikecualikanLihat
28Menetapkan POS Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Informasi PublikLihat
29Satu Data Indonesia Tingkat Satuan/Unit Kerja sesuai Ketentuan Perundang-undanganLihat
30Saluran Informasi Publik Lainnya yang Menyediakan Dokumen Elektronik lainnya sebagai Informasi Terbuka 
 a. Website PolibatamLihat
 b. Instagram PolibatamLihat
 c. Youtube PolibatamLihat
 d. Facebook Page PolibatamLihat
 e. Twitter PolibatamLihat
 f. TikTok PolibatamLihat

Informasi Publik yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala di Kampus Politeknik Negeri Batam

NoNama Informasi BerkalaLink
1Informasi Profil Politeknik Negeri Batam (Polibatam) 
 a. Profil Singkat PolibatamLihat
 b. Alamat PolibatamLihat
 c. Visi dan Misi PolibatamLihat
 d. Tujuan PolibatamLihat
 e. Struktur Organisasi PolibatamLihat
 f. Profil Pimpinan PolibatamLihat
 g. Akreditasi PolibatamLihat
 h. Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)Lihat
2Ringkasan Informasi tentang program dan/atau kegiatan Polibatam 
 a. Nama program dan/atau kegiatanLihat
 b. Jadwal pelaksanaan program dan kegiatanLihat
 c. Kalender Kegiatan/KerjaLihat
d. Agenda Penting KegiatanLihat
e. Informasi Khusus Lainnya yang Berkaitan Langsung dengan Hak-hak MasyarakatLihat
3Ringkasan Informasi Tentang Kinerja dalam Lingkup Satuan/Unit Kerja, Berupa Uraian Tentang Realisasi Kegiatan yang Telah maupun sedang Dijalankan Beserta CapaiannyaLihat
4Laporan Kinerja Polibatam Tahun 2023Lihat
5Laporan Keuangan Polibatam Tahun 2023Lihat
6Ringkasan laporan keuangan yang telah diaudit Tahun 2023 yang terdiri atas: laporan realisasi anggaran (LRA), catatan atas laporan keuangan (CALK), Neraca, serta Daftar Aset dan Investasi
Lihat
7Informasi Keuangan Lainnya di Satuan/Unit Kerja yang diumumkan di tahun 2024, minimal 2 (dua) jenis informasiLihat
8Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis di Lingkungan PolibatamLihat
9Standar Pelayanan Publik di Lingkungan PolibatamLihat
10Daftar Informasi Publik di Lingkungan PolibatamLihat
11Tim Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik PolibatamLihat
12Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang atau Pelanggaran/ Whistle Blowing System (WBS)Lihat
13Perbandingan Anggaran Pengelolaan Informasi pada Satker dengan Anggaran Unit KerjaLihat
14Ringkasan Laporan Layanan Informasi Publik Tahun 2023Lihat
15DIPA Satuan/Unit Kerja Tahun 2024Lihat
16Sampel Daftar Usulan dan/atau Rancangan serta Tahap Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan dan/atau Kebijakan yang sedang dalam Proses Pembuatan Tahun 2024Lihat
17Sampel Daftar Peraturan Perundang-Undangan dan/atau kebijakan yang telah disahkan atau ditetapkanLihat
18Tata Cara Memperoleh Informasi PublikLihat
19Tata Cara Pengajuan Keberatan Atas Permohonan Informasi PublikLihat
20Tata Cara Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Berikut Pihak-Pihak yang Bertanggung Jawab yang dapat DihubungiLihat
21Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang atau Pelanggaran Oleh Pejabat Satuan/Unit Kerja atau Pihak yang Mendapatkan Izin atau Perjanjian Kerja dari Satuan/Unit KerjaLihat
22Informasi Tentang Sumber Daya Manusia Di Satuan/Unit Kerja Meliputi Jumlah ASN dan Non-ASN; Jumlah Pejabat Tinggi, Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional; dan/Atau Informasi Tentang Sumber Daya Manusia LainnyaLihat


Informasi Publik yang Serta-Merta di Kampus Politeknik Negeri Batam

NoNama Informasi  Serta-mertaLink
1Pedoman Peringatan Lahir Pancasila Tahun 2024Lihat
2Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024Lihat
3Surat Edaran Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai ASN DI Kemendikbudristek Tahun 2024Lihat
4Pedoman Peringatan HUT Ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024Lihat
5Surat Edaran tentang Himbauan Larangan dan Dampak Judi Online Bagi Pegawai di Lingkungan Politeknik Negeri BatamLihat


MAKLUMAT PELAYANAN DI KAMPUS POLITEKNIK NEGERI BATAM

TATA CARA MENDAPATKAN INFORMASI PUBLIK

Tata Cara Mendapatkan Informasi Publik
Pemohon Informasi Publik yang hendak mendapatkan informasi atau layanan informasi publik di Polibatam dapat memperhatikan persyaratan dan prosedurnya . Adapun Mekanisme Layanan Permohonan/Permintaan Informasi:

a) PERSYARATAN

  • Warga Negara Indonesia;
  • Mengisi Formulir Permintaan Informasi Publik ;
  • Menunjukan KTP dan melampirkan Fotocopy KTP;
  • Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik dengan mencantumkan sumber dari mana ia memperolah Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

b) PROSEDUR

Cara Memperoleh Informasi Publik :
1. Melalui Online;
Dapat mengunduh informasi publik yang tersedia pada website www.polibatam.ac.id atau mengisi formulir secara online

2. Melalui Telepon/fax;
Dapat menghubungi telepon +62-778-469858 Ext.1017

3. Langsung
Datang langsung ke Pusat Informasi Polibatam, Lantai 1 Gedung Utama Kampus Politeknik Negeri Batam, Jalan Ahmad Yani, Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau.

c) MEKANISME

  • Pemohon Informasi datang ke desk layanan informasi, mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan fotocopy KTP pemohon dan penggunaan informasi;
  • Silahkan mengisi formulir yang tersedia di bawah ini dan silahkan sampaikan kembali ke Pusat Informasi Politeknik Negeri Batam
    Formulir Informasi Publik
    Atau Klik E-Form
  • Petugas memberikan tanda tanda bukti penerimaan informasi Publik berupa nomor pendaftaran pada saat permintaan diterima, dan telah ditandatangani oleh petugas
  • Petugas Memproses Permintaan Permohonan Informasi Publik sesuai dengan formulir permintaan informasi Publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik;
  • Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna Informasi Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada pengguna informasi publik dan pengguna mendatanganinya.
  • Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan PPID menyampaikan alasan sesuai dengen ketentuan peratuan perundang-undangan yang berlaku.

MEKANISME PENGAJUAN KEBERATAN

  • Pemohon informasi publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Atasan PPID paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah ditemukannya alasan sebagai berikut:
    1. Penolakan atas permohonan informasi publik;
    2. Tidak disediakannya informasi berkala;
    3. Tidak ditanggapinya permohonan informasi publik;
    4. Permohonan informasi publik ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
    5. Tidak dipenuhinya permohonan informasi publik;
    6. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
    7. Penyampaian informasi publik yang melebihi waktu yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.
  • Dalam hal pengajuan keberatan disampaikan secara tidak tertulis, Tim Sekretariat PPID mengarahkan Pemohon Informasi Publik yang mengajukan keberatan atau pihak penerima kuasa untuk mengisi formulir keberatan sesuai format
  • Dalam  mengajukan keberatan, pemohon wajib menyertakan identitas pemohon yang sah sebagaimana syarat dalam permohonan informasi
  • Pemohon Keberatan harus menyertakan dokumen sebagai berikut:
    • Surat tanggapan/jawaban permohonan informasi dari PPID
    • Formulir tanda terima permohonan informasi (dalam hal tidak ditanggapinya permohonan informasi)
  • Tim Sekretariat PPID wajib memberikan salinan formulir keberatan disertai nomor registrasi keberatan kepada Pemohon Informasi Publik yang mengajukan keberatan atau kuasanya sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
    Formulir Keberatan PPID

Tata Cara Penyelesaian Sengketa di Komisi Informasi
Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi dapat diajukan Pemohon Informasi ke Komisi Informasi Publik apabila:
Pemohon tidak puas atas tanggapan Atasan PPID (paling lambat 30 hari kerja setelah diterimanya keberatan tertulis pemohon), atas Keberatan yang diajukan Pemohon Informasi.

Tata Cara Pengajuan Informasi Publik :

  1. Pengajuan Sengketa ke Komisi Informasi selambat – lambatnya dilakukan 14 hari kerja setelah diterimanya keputusan tanggapan tertulis dari atasan PPID.
  2. Dalam waktu 14 hari kerja sejak diterimanya permohonan penyelesaian sengketa. Komisi Informasi harus mulai melakukan penyelesaian sengketa melalui mediasi dan/atau adjudikasi.

    Proses penyelesaian sengketa informasi yang dilakukan oleh komisi informasi melalui mediasi dan/atau adjudikasi tersebut diselesaikan paling lambat 100 hari kerja.

    Jika pada tahapan mediasi dihasilkan kesepakatan, maka hasil kesepakatan tersebut ditetapkan oleh putusan Komisi Informasi dan permohonan sengketa informasi dinyatakan selesai dan putusan Komisi Informasi berdasrkan kesepakatan para pihak bersifat final dan mengikat.

    Namun, jika pada tahapan mediasi tidak dihasilkan kesepakatan atau terjadi penarikan diri dari salah satu pihak atau para pihak, maka Komisi Informasi melanjutkan proses penyelesaian sengketa melalui adjudikasi.
    Jika Permohonan Informasi Puas atau keputusan adjudikasi Komisi Informasi sengketa selesai.

    Jika pemohon informasi tidak menerima/ tidak puas dengan putusan Komisi Informasi, maka dapat mengajukan gugatan ke Pengadilan dalam waktu 14 hari kerja sejak diterimanya putusan tersebut, dan menyatakan secara tertulis bahwa tidak menerima / tidak puas dengan putusan adjudikasi Komisi Informasi.
  3. Pihak yang bisa dihubungi untuk penyelesaian sengketa, yaitu:
    Layanan PPID Polibatam
    Ruang Pusat Informasi, Lantai 1 Gedung Utama Kampus Politeknik Negeri Batam
    email: [email protected] atau [email protected] dan juga bisa melalui nomor Pengaduan 0811 777 8711

Jadwal Layanan Informasi Publik
Dalam memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi PPID menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik. Di kampus Politeknik Negeri Batam penyelenggaraan Pelayanan Informasi Publik dilaksanakan pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat.

  • Senin – Kamis: 08.00 – 13.00 WIB dan 14.00 -16.00 WIB | Istirahat : 13.00-14.00 WIB
  • Jum’at: 09.00 – 11.30 WIB dan 13.30 – 16.30 WIB | Istirahat : 11.30 – 13.30 WIB

Jangka Waktu Penyelesaian

  • Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
  • Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada di bawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.
  • Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi publik dilakukan secara langsung, melalui email, fax, burning CD, copy flashdisk (flashdisk disediakan sendiri oleh pemohon).

Standar Biaya Layanan 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya), sedangkan untuk penggandaan, pemohon/pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri disekitar Kantor Badan Publik (PPID) setempat atau biaya penggandaan ditanggung atau juga membawa sendiri flashdisk untuk media menyimpan data yang diminta oleh Pemohon Informasi.

Survey Layanan

Hasil Survey Layanan

  • Hasil Survey Kepuasan Pengguna Layanan Pusat Informasi
    Download

Wilayah Zona Integritas Polibatam
Layanan Pengaduan atau Whistleblower

  • Layanan pengadukan pusat dari pengguna (stake holder) layanan kampus Politeknik Negeri Batam, silahkan menghubungi website: https://www.lapor.go.id/
  • Layanan pengaduan lokal dari pengguna (stake holder) layanan kampus Politeknik Negeri Batam, silahkan hubungi nomor Hotline  0811 777  8711

Tata Cara Pengaduan di Polibatam

Polibatam menyediakan beberapa saluran untuk menyampaikan pengaduan atau informasi, dengan prosedur sebagai berikut:
  1. Melalui Website
    Kunjungi website resmi di lapor.go.id. Isi data pengaduan Anda pada form yang tersedia. Jika sudah memiliki akun, Anda dapat langsung login. Namun, jika belum memiliki akun, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.
    Biaya: Gratis.
  2. Melalui Aplikasi Android
    Unduh aplikasi SP4N Lapor melalui Google Playstore untuk mengajukan pengaduan dengan mudah.
    Biaya: Gratis.
  3. Melalui WhatsApp
    Anda juga bisa mengajukan pengaduan melalui nomor WhatsApp 08117778711 dengan format pengiriman:
    Nama <spasi> NIK <spasi> Alamat <spasi> Aduan/Informasi.
  4. Surat Tertulis
    Pengaduan juga bisa dikirimkan secara tertulis ke alamat PPID Politeknik Negeri Batam, yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau.
  5. Pengaduan Langsung
    Untuk pengaduan langsung, silakan datang ke PPID yang berada di Ruang Pusat Informasi, Lantai 1, Gedung Utama, Kampus Politeknik Negeri Batam.

Seluruh infografis Standar Layanan bisa diakses melalui tautan Standar Layanan Polibatam

Pelayanan di Pusat Informasi Polibatam

 

 

Akreditasi Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Batam
Politeknik Negeri Batam saat ini telah memenuhi syarat Peringkat AKREDITASI BAIK SEKALI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tanggal 28 November 2023 sampai dengan 25 April 2028.
Terkait dengan akreditasi perguruan tinggi, sebelumnya perlu kami informasikan bahwa Politeknik Negeri Batam terakreditasi pertama kali pada tanggal 24 April 2018. Sebelum tanggal tersebut, status akreditasi Polibatam adalah “Akreditasi Minimum”.

  • Surat Sertifikat Terbaru ISO 9001:2015, Unduh Disini
  • Surat Keterangan Akreditasi Polibatam Tahun 2003-2018, Unduh Disini
  • Surat Keterangan Akreditasi Polibatam Tahun 2018-2023, Unduh Disini
  • Surat Keterangan Akreditasi Polibatam Tahun 2023-2028, Unduh Disini

Program Studi Teknik Informatika Unduh Disini

Program Studi Teknik Geomatika Unduh Disini

Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Keamanan Siber

  • Serfifikat Akreditasi Sarjana Terapan Rekayasa Keamanan Siber, Unduh Disini

Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan Unduh Disini

  • Sertifikat Akreditasi MJ Tahun 2013-2018, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi MJ Tahun 2018-2023, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi MJ Tahun 2018-2023
  • Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika Dan Komputer Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Teknik Multimedia, Unduh Disini
  • Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan Pada Program Sarjana Terapan, Unduh Disini

Program Studi Akuntansi Unduh Disini

Program Studi Administrasi Bisnis Terapan Unduh Disini

  • Sertifikat Akreditasi AB Tahun 2014-2019, Unduh Disini
  • SK Status dan Peringkat Akreditasi Program Studi Administrasi Bisnis Terapan, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi AB Tahun 2021-2026, Unduh Disini

Program Studi Animasi Unduh Disini
Sertifikat Akreditasi AN Tahun 2022-2027, Unduh Disini

Program Studi Akuntansi Manajerial Unduh Disini


Program Studi Teknik Elektronika Unduh Disini

Program Studi Teknik Elektronika Manufaktur Unduh Disini

Program Studi Teknik Instrumentasi Unduh Disini

  • Sertifikat Akreditasi IN Tahun 2021 – 2026, Unduh Disini

Program Studi Teknik Mekatronika Unduh Disini

  • Sertifikat Akreditasi MK Tahun 2013-2018, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi MK Tahun 2018-2023, Unduh Disini
  • Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan Tentang Akreditasi Program Studi Teknik Mekatronika, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Mekatronika Program Sarjana Terapan Tahun 2023-2028, Unduh Disini

Program Studi Teknik Robotika Unduh Disini

Sertifikat Akreditasi RE Tahun 2022-2027, Unduh Disini

Program Studi Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi

  • Sertifikat Program Studi Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
    2023-2028, Unduh Disini

Program Studi Teknik Mesin Unduh Disini

  • Sertifikat Akreditasi MS Tahun 2014-2019, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi MS Tahun 2018-2023, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi Mandiri Teknik Mesin, Unduh Disini
  • Sertifikat Akreditasi Program Studi Teknik Mesin Tahun 2023-2028, Unduh Disini

Program Studi Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal Download Disini

Program Studi Teknik Perawatan Pesawat Udara

Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti ) Perihal Kualifikasi Diploma 4 (D-IV) sama dengan Sarjana (S1), Silahkan Unduh

 

 

SILAHKAN MENGISI FORMULIR PPID INI

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kemendikbudristek https://lpse.kemdikbud.go.id/eproc4