Kampus Polibatam Terima Program SES dari Pakar Mikroelektronika Jerman, Mr. Bernhard Gluck

POLIBATAM- Kampus Politeknik Negeri Batam (Polibatam) kembali menerima programSenior Expert Service (SES) dari Jerman, Mr. Bernhard Gluck, seorang pakar di bidang mikroelektronika. Mr. Bernhard secara resmi disambut oleh Direktur Polibatam, Bambang Hendrawan, di Ruang 301, Gedung Utama, dalam acara yang berlangsung pada 12 Agustus 2024.

Selama 19 hari di Polibatam, Mr. Bernhard akan berbagi pengetahuan dan pengalamannya dengan mahasiswa Program Studi Diploma 3 Teknik Elektronika Manufaktur. Kehadirannya diharapkan dapat memperkaya wawasan serta keterampilan mahasiswa dalam bidang mikroelektronika, khususnya dalam aplikasi industri yang semakin berkembang pesat.

Polibatam menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki fasilitas teaching factory di bidang mikroelektronika, yang mampu memproduksi IC (Integrated Circuit) dan PCB (Printed Circuit Board) hingga 5 lapis secara mandiri. Dengan fasilitas ini, Polibatam terus menunjukkan komitmennya dalam menyediakan pendidikan vokasi yang unggul dan berdaya saing internasional.

Direktur Polibatam, Bapak Bambang Hendrawan, menyampaikan harapannya agar, “Kolaborasi dengan pakar internasional seperti Mr. Bernhard Gluck dapat terus memperkuat kapasitas mahasiswa dan dosen Polibatam dalam menghadapi tantangan industri 4.0, khususnya dalam bidang mikroelektronika yang merupakan tulang punggung teknologi modern”.

Kagum Keberagaman Budaya

Menariknya, pada tanggal 17 Agustus 2024, Mr. Bernhard berkesempatan menyaksikan langsung pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 di kampus Polibatam. Dengan penuh antusias, beliau mengucapkan, “Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, sangat luar biasa budayanya.”

Pengalaman ini menjadi yang pertama bagi Mr. Bernhard, di mana ia melihat prosesi upacara yang diikuti oleh staf dan dosen yang mengenakan pakaian adat dan batik nasional, yang mencerminkan keberagaman budaya di Batam dan Indonesia.

Dengan adanya program ini, Polibatam semakin mengukuhkan posisinya sebagai institusi pendidikan terdepan dalam teknologi manufaktur dan elektronika, siap mencetak lulusan-lulusan yang kompeten dan siap bersaing di kancah global.

#Polibatam #HumasKerjasamaPolibatam #KampusPBL #KampusCDIO #SESJerman